Cara Menggunakan Seleksi di Photoshop

Cara Menggunakan Seleksi tool pada Photoshop

Bagaimana caranya menyeleksi objek menggunakan Photoshop???

Pasti, asosiasi kita tertuju pada kumpulan tool seleksi standar. Bagi kebanyakan dari kita, tidak ada cara lain untuk menyeleksi objek selain menggunakan seleksi tool seleksi. Padahal, untuk seleksi yang kompleks, bisa jadi peran tool seleksi justru kecil. Itu pun hanya untuk seleksi ringan saja.

Berita baiknya, Photoshop menyimpan banyak rahasia untuk menyeleksi objek yang tersimpan di balik fitur Channels, Quick Mask, menu Select, bahkan Brush Tool, Pen Tool, dan Dodge Tool serta Burn Tool. Tool - tool ini lebih dikenal bukan sebagai alat untuk seleksi (kecuali menu Select dan Quick Mask). Lantas, bagaimana caranya menyeleksi objek menggunakan tool-tool itu??


Nah sekarang kita mulai ya, berikut ini macam macam seleksi dengan photoshop

1. Dengan Magic Wand Tool
    Caranya :
    Klik icon magic wand tool di tool box, lalu klik di daerah yang ingin diseleksi , misalnya        seperti gambar ini :









Lalu akan didapat garis hitam putih berbaris putus putus seperti :











Artinya seleksi telah dilakukan ( nah bagian objek yang telah diseleksi dapat digunakan dalam studi kasus lain , misalnya mengganti background, dengan menggunakan Move tool )

Untuk menghilangkan seleksi tekan ( CTRL + D ), sedang untuk membalik seleksi klik Select --> Inverst

2. Dengan Lasso Tool
    Caranya :
    Klik Icon Lasso tool ditol box, lalu klik ( tahan ) dan ikuti gambar yang ingin diseleksi, lalu pertemukan ujungnya seperti gamabr berikut :









Setelah gambar dikelilingi objek garis hitam putih putus putus artinya objek telah berhasil diseleksi.

3. Dengan Polygonal Lasso tool
Bedanya dengan magnetic lasso tool adalah, jika dengan lasso tool tadi caranya selesksinya adalah dengan meng-klik lasso dan menahan mouse sambil mengambar seleksi mengikuti objek yang ingin diseleksi. Sedangkan jika menggunkan Palygonal Lasso tool caranya adalah klik pada 1 titik lalu tarik, lalu klik pada titik yang lain, lalu tarik dan klik pada titik lainnya sampai ujung polygonal lasso tool nya bertemu seperti gambar berikut : ( S4,S5)


















4. Dengan Magnetic Lasso tool
Denagn tool ini, cara membuat seleksi adalah dengan mengklik objek yang ingin diseleksi lalu tarik mouse nya, dan secara otomatis akan terbentuk kotak kotak kecil yang mengikuti tarikan mouse kita, pertemukan ujjungnya sehingga terbentuk seleksi secara penuh ( S6 ), ( S7)





















Selamat mencoba



wdcfawqafwef