Cara Merawat Printer yang Jarang di Pakai Agar Awet

Printer merupakan salah satu jenis hardware yang sekarang ini sangat dibutuhkan oleh berbagai kalangan. Mulai dari siswa untuk membuat tugas sekolah, mahasiswa untuk mengerjakan skripsi, maupun pekerja kantoran untuk membuat proposal maupun laporan yang diperlukan sampai dengan kantor-kantor instansi pun sekarang juga menggunakan Printer. Tetapi, ada baiknya kita tahu cara merawat printer yang jarang di pakai, karena tidak setiap harinya kita menggunakan printer tersebut.


Ada kalanya printer tersebut jarang digunakan karena berbagai situasi, libur panjang ataupun tidak adanya tugas. ada pepatah “makin diasah makin tajam” begitu pula dengan printer, jika jarang digunakan, maka akan menyebabkan beberapa masalah. 

Merawat printer bukanlah sesuatu hal yang sulit dan membutuhkan banyak biaya. Mungkin anda membayangkan bahwa merawat printer membutuhkan keahlian seperti teknisi yang harus bisa membongkar-pasang tubuh printer dan membutuhkan alat untuk menjaga keawetan hasil print. Merawat printer sangat mudah asal anda melakukannya dengan benar dan intensif , berikut adalah cara merawat printer yang jarang di pakai :
  • Intensif menghidupkan printer : walaupun anda tidak menggunakan printer untuk mencetak sesuatu, biasakan untuk menghidupkannya setidaknya seminggu sekali, hal ini bertujuan untuk menjaga kehangatan tinta printer agar kembali encer dan tidak mengering.
  • Gunakan kertas tipis : meskipun sepele, kertas yang tebal dapat membuat kinerja roda penggerak di printer bekerja menjadi lebih berat sehingga dapat merusaknya dalam jangka waktu yang lama.
  • Matikan dengan benar : jika anda telah selesai menggunakan printer, matikan dengan benar dengan cara eject di my computer, lalu tekan tombol power di printer anda, karena jika anda melakukannya secara manual, roda penggerak dan head print tidak akan kembali dengan sempurna pada tempatnya dan dapat menimbulkan kerusakan permanen 

Apa saja masalah yang timbul jika printer jarang dipakai ?

Catridge yang mengering : Jika anda menggunakan printer yang menggunakan catridge sebagai bahan utama warna, makan catridge tersebut akan menyumbat dan mengering sehingga menghalangi tinta yang akan keluar, sehingga hasil warna dihasilkan tidak sempurna dan mengecewakan.


Catridge Printer Canon Mampet 
Infus yang tersumbat : sama halnya dengan catridge, jika anda menggunakan infus atau lebih familiar dengan “tinta isi ulang / refill , maka jika tidak digunakan dalam waktu lama juga dapat menyebabkan tinta tersebut mengering dan menyumbat selang printer, hal tersebut sangat buruk karena dapat menyebabkan tinta tersebut terbuang percuma dan sama saja dengan boros tinta printer. Oleh karena itu, anda harus tahu cara merawat printer yang jarang di pakai.

Hasil gambar untuk infus printer tersumbat

0 Response to "Cara Merawat Printer yang Jarang di Pakai Agar Awet"

Post a Comment

wdcfawqafwef